fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Kaligrafi Pelepah Pisang

Kaligrafi Unik dari Pelepah Pisang - Kaligrafi secara umum mempunyai arti menulis indah dengan pena sebagai hiasan. Menurut sejarah konon sebelum menjadi Tulisan atau Lukisan yang indah, Kaligrafi digunakan sebagai sarana mengirimkan "sandi" dari pemberontakan. Sobat mau tau Sandi RAPI? Buka saja artikel terkait mengenai sandi radio komunikasi di Website Rapi Serui ini.

Kaligrafi Pelepah Pisang

(Baca juga Kode Sandi RAPI pada :
- Alfabetis Internasional Dan Lokal dan Ten Code (Kode Sepuluh) RAPI)

Kaligrafi menjadi bukti kuat tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia, salah-satunya yang terdapat pada mata uang kerajaan Samudra Pasai dan kaligrafi yang terdapat pada batu nisan peninggalan masa Raja Sultan Malik as-Shaleh di Samudra Pasai.

Pada saat ini Kaligrafi berkembang sesuai kreasi seni para seniman di Indonesia, yang diwujudkan ke berbagai media seperti kertas, batu, logam, kaca, dan banyak media lainnya.

Cara Membuat Kaligrafi dari Pelepah Pisang
Di kampung Cipeueut Desa Wangunreja Kec Nyalindung Sukabumi seni Kaligrafi diciptakan dari Pelepah Pisang. Pelepah Pisang bagi sebagian orang mungkin kurang bermanfaat, namun lain halnya bagi Kang Asep Suryana ini pelepah pisang ini menjadi maha karya bernilai tinggi hingga pemasarannya pun sampai ke manca negara. Pria kelahiran Sukabumi 41 tahun silam ini mampu menyulap pelepah pisang menjadi Kaligrafi yang indah.

Belajar dari salah-seorang tokoh seni di Sukabumi, Asep pun perlahan mampu menciptakan nilai jual dari hasil karyanya. Menekuni Kaligrafi dari pelapah pisang ini Kang Asep telah menelorkan karya tak kurang dari 300 lukisan kaligrafi, hasil karyanyapun sudah mampu menembus pasar nasional bahkan internasional yakni Indiia, Dubai, Pakistan dll.

Kaligarfi Kang Asep Suryana

Untuk membuat sebuah lukisan, Kang Asep Suryana menghabiskan waktu cukup lama, sekitar dua hingga lima belas hari, tergantung tingkat kesulitan yang diminta pemesan. Untuk harga lukisan, Asep mematok harga dari mulai ratusan ribu hingga jutaan Rupiah. Harga ini sesuai dengan karakteristik lukisan.

Sumber:
Lukisan Pelepah Daun Pisang Asal Cipeueut Kabupaten Sukabumi
http://sukabumiupdate.com
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar