fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Dawet Goreng, Kuliner Khas Kaligesing Purworejo

Dawet Goreng, Kuliner Khas Kaligesing Purworejo - Cara Membuat Dawet Goreng - Sorry ya negara tetangga sebelah, Dawet Goreng ini milik Indonesia. Ane takut seperti Es Cendol, diklaim milikmu. Dawet Goreng adalah Kuliner unik Asli dan Khas daerah Kaligesing Purworejo. Baca judulnya saja kita akan berimajinasi pada nasi goreng, pisang goreng dan goreng-goreng yang lain seperti goreng patut.

Dawet Goreng, Kuliner Khas Kaligesing Purworejo
Gambar Hak Milik Yang bikin Dawet Goreng

Dawet Goreng tentu beda dengan es dawet (cendol) atau pun dawet ayu khas Banjarnegara. Dawet Goreng Kaligesing mempunyai cita rasa gurih yang unik karena perpaduan antara rasa manis, pedas dan asin. Cara pembuatannya pun sangat simple, kita cukup menyediakan bahan-bahan seperti taoge, tahu, daun bawang, seledri, cabai, barang merah, garam dan gula jawa.

Semua bahan untuk Membuat Dawet Goreng ini dipotong-potong seperti dadu kecuali cabai rawit yang diuleg halus. Untuk dawetnya pati ganyong yang sudah diaduk dimasukan kedalam panci yang sudah berisi air mendidih kemudian aduk hingga mengental.

Dawet Goreng terbuat dari Pati Ganyong. Ganyong sendiri adalah keluarga dari umbi-umbian dan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Karena mengandung gizi seperti protein, kalori, karbohidrat, kalsium, zat besi Vitamin B1 dan Vitamin C.

Sambil menunggu dawet yang mengeras, goreng bawang merah. Bawang goreng inilah yang nantinya dicampur dengan air gula jawa. Setelah itu tumis bahan-bahan yang tadi sudah dipotong-potong. Dawet Goreng pun siap untuk disantap.

Meski di Serui ini jarang bahkan selama saya disini belum menemukan penjual Dawet Goreng, padahal konon katanya dawet goreng ini telah ada sejak nenek saya perawan dan pembuatannya pun diwariskan secara turun temurun.
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a Comment