fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Menghilangkan Distorsi Gambar pada Monitor Komputer

Menghilangkan Distorsi Gambar pada Monitor Komputer - Terdapat kejanggalan pada layar monitur komputer biasanya setelah monitor tsb.telah mengalami penggantian power supply-nya. Distorsi yang timbul biasanya berupa adanya garis-garis putih yang berjalan (bergelombang). Hal ini cukup mengganggu konsentrasi kerja dan mengganggu penglihtan.

Menghilangkan Distorsi Gambar pada Monitor Komputer

Ilustrasi Gambar Monitor Samsung

Akibat PLN yang seperti judul lagunya Kang Rafli Ahmad - Putus Nyambung, monitor Samsung 17 Wide yang saya pakai terbakar power supply (adaptor 14V DC) bawaannya. Di kotaku sekarang mencari power supply bawaan (original) adalah hal yang mustahil karena apapun kebutuhan disini dipasok dari pulau Jawa. Sementara kalau kita pesan ke Jawa memakan waktu yang cukup lama. Tuntutan pekerjaan mendesak untuk monitor tersebut segera pulih dari tidur panjangnya.

Untungnya tegangan input monitor lcd Samsung ini cuma 14V DC tunggal, jadi sebagai alternatif catu daya saya bisa memakainya dengan catu daya universal DC untuk laptop,kebetulan punya arus cukup besar yakni 4 Ampere. Setelah saya coba, monitor-ku bisa nyala juga. Namun sayang gambarnya tidak sejernih ketika memakai catu daya originalnya. Setelah saya amati ternyata Power Supply Universal tsb. tidak memakai Input Filter untuk tegangan input AC-nya sebelum masuk pada rangkaian swiching power supply.

Input Filter AC



Skema Input Filter diatas terlihat cuma 1 lilitan dan 1 buah capasitor. Bila anda tidak mau dipusingkan dengan rangkaian filter ini tinggal cabut dari filter tegangan AC pada mesin tv bekas atau power supply bekas. Atau bisa anda bongkar power supply bawaan monitor tadi lalu potong bagian input filternya, sambungkan pada input tegangan AC pada power supply baru tadi. Insya Alloh solusi untuk gambar bergelombang pada monitor pc anda bisa teratasi.

filter ac matik

Lilitan untuk input filter tegangan AC banyak dijumpai pada rangkaian swiching power supply. Kita cabut saja lilitannya dari mesin tv atau power supply yang sudah tidak terpakai lagi. Menambahkan Filter pada input tegangan AC swiching bisa anda terapkan juga pada Power Supply CPU yang berharga murah, semacam merk Izumi, SPC dll. Power Supply tsb. biasanya belum terpasang filter ini.

Untuk penjelasan lebih mendalam lagi tentang apa manfaat dan guna Input Filter AC akan kita bahas pada postingan selanjutnya ;

Design Input Filter Pada Switching Power Supply
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a Comment