fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Informasi Versi HTML

Informasi Versi HTML - Hari ini mungkin kesempatan kita tetap belajar html, meski artikel tentang elektronika, internet dan komputer masih terasa sangat kurang. Tapi gak apa kan sob, karena menulis memang tergantung mood dan bahan. Bahannya yang lagi mood ya tentang HTML ini. Tak kalah penting juga karena mahir HTML akan membawa kita menjadi web designer bahkan mungkin bisa menjadi webmaster yang handal.

Informasi Versi HTML

HTML sesungguhnya adalah aplikasi dari tipe-tipe dokumen atau disebut juga Document Type Definition (DTD) diambil dari bahasa meta SGML. Sebuah HTML DTD dapat berupa sebuah informasi yang menentukan secara detail tentang sintaks serta tata bahasa dari penggunaan mark-up HTML.

Hingga saat ini ada banyak versi HTML yang masing-masing ditentukan oleh versi DTD tsb.dimana setiap DTD ditandai dengan sebuah label yang disebut Format Public Indentifier (FPI). Ketika kita membuat sebuah file HTM, DTD yang kita gunakan harus dideklarasikan pada baris pertama file HTML. Seperti tampak pada barisan tampilan Format Dasar File HTML yang telah kita bahas sebelumnya.

Versi HTML yang masih banyak digunakan adalah versi 4.0 HTML. Versi ini disusun oleh kelompok kerja W3C yang bekerjasama dengan Hawlet Packard,Adobe System,Microsoft,IBM,Netscape Communication,Novell,SoftQuad,Spyglass dan Sun Mycrosystem. Juga dibantu oleh para spesialis content provider seperti Hotwired,Verso dan PathFinder.

Draft HTML versi 4.0 pertama kali diumumkan pada tanggal 8 Juli 1997 yang tentunya versi 4.0 ini adalah penyempurnaan dari versi sebelumnya yakni 3.2. Meski pada kenyataannya samapi detik ini banyak diatara kita masih menggunakan versi yang 3.2 tsb. Berikut adalah draft HTML yang bisa digunakan;

- Internet Engineering Task Force (IETF) HTML 3.2 DTD

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//IETF//DTD HTML//EN//3.2">
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//IETF//DTD HTML//3.2//EN">
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//IETF//DTD HTML//3.2//EN//">
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//IETF//DTD HTML Level 3.2//EN">
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//IETF//DTD HTML 3.2 Level 3.2//EN">

- W3C HTML 3.2 Dan 4.0 DTD

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 3.2 Draft//EN">
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 3.2//EN">
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.0 Draft//EN">
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.0 Transitional//EN">
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.0 Final//EN">
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.0//EN">
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a Comment