fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Kisruh Kemerdekaan Catalonia Meruncing

Kisruh Kemerdekaan Catalonia Meruncing - Keputusan Catalonia untuk merdeka dari Spanyol menuai kecaman dari berbagai negara termasuk Indonesia. Ratusan ribu pendukung Spanyol bersatu tumpah-ruah kejalan-jalan Barcelona berunjuk rasa tandingan untuk mendukung Spanyol bersatu.

Kisruh Kemerdekaan Catalonia Meruncing

(Baca: Viva La Unidad De)

Di kota Barcelona yang masuk wilayah Catalonia mereka justru tidak menyatakan dukungan bagi Catalonia merdeka, mereka menyatakan mendukung Spanyol bersatu. Menurut pengunjuk rasa deklarasi kemerdekaan Catalonia adalah penyataan sepihak. Pengadilan Spanyol menyatakan pemungutan suara referendum beberapa pekan lalu adalah ilegal.

Pernyataan sepihak kemerdekaan Catalonia pun tidak mendapat pengakuan dari Indonesia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan "Catalonia adalah bagian dari integral Spanyol, Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Catalonia".

Jumat lalu lautan warna yang berbeda memenuhi ruas-ruas jalan Barcelona. Pendukung pemisahan Catalonia dari Spanyol mengibarkan berdera-bendera Catalonia. Lagu kebangsaan Catalonia berkumandang di Parlemen Catalan Barcelona. Dalam pemungutan suara di parlemen 70 dari 135 wakil rakyat memilih merdeka dari Spanyol.
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a Comment