fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Hari Pahlawan 10 November

Hari Pahlawan 10 November - Tepat hari ini adalah 10 November 2017, setiap tanggal 10 November seluruh masyarakat Indonesia akan mengembalikan emutan pada Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya yakni Pertempuran Surabaya, yaitu pertempuran Tentara Indonesia berselaras dengan rakyat melawan pasukan Britania Raya.

Hari Pahlawan 10 November

Pertempuran Surabaya ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Pada tanggal 10 November 2017 tepat pukul 08:15 WIB seluruh masyarakat Indonesia mengheningkan cipta atas pengorbanan yang telah dikucurkan para pejuang bangsa demi kokohnya Persatuan Indonesia. Sesuai tema peringatan Hari Pahlawan kali ini yakni "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri", maka seorang pahlawan jaman now juga adalah seseorang yang mampu menjaga NKRI disamping membangun negeri tercinta ini dengan karya dan cipta.

Pertempuran Surabaya adalah peristiwa besar yang memperlihatkan pada dunia Internasional betapa seluruh rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidup dan jiwa raganya untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Kenapa kita harus Memperingati Hari Pahlawan? Bung Karno pernah menegaskan bahwa; "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya". Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, tanpa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dan perintis kemerdekaan tentunya tidak akan gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Untuk kita yang tehnisi elektronik, untuk kita yang petani, utuk kita yang pelajar tak harus memanggul senjata untuk menjadi PAHLAWAN. Dengan daya yang kita punyai, bekerja keras, berkarya mari kita berjuang untuk menjadi pahlawan bagi kita, keluarga, lingkungan, masyarakat dan bangsa dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

Selamat Hari Pahlawan 2017
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a Comment