fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Bibimbap Korean Food Menu

Bibimbap Korean Food Menu - Cara Membuat Bibimbap - Anda yang suka dengan yang berbau Korea mungkin Bibimbap ini jadi hidangan pelengkap ketika anda lapar saat nonton drama Korea di televisi. Satu mingu di Korea dalam rangka memperbaiki resiecer parabola punyanya Kim Jong Un saya sempat disuguhi Bibimpap dan dikasih resep untuk Membuat Bibimpap ketika sampai di Indonesia nanti.

Bibimbap Korean Food Menu

Terbangun dari mimpi, saya langsung buka Wikipedia mengenai olahan khas asal Korea ini. Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Namanya secara harafiah berarti "nasi campur" yang berasal dari kata 비빔 (campur) dan 밥 (nasi). Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.

Bibimbap memiliki variasi yang banyak menurut daerahnya di Korea. Kota Jeonju di Jeolla Utara adalah kota asal variasi bibimbap daerah yang paling terkenal di Korea. "Jeonju bibimbap" (nasi campur Jeonju) merupakan bibimbap yang berisi lauk pauk yang paling banyak di Korea.

Terdapat beberapa teori mengenai asal usul bibimbab, salah satunya ada yang mengatakan bahwa makanan ini dibuat dari sesaji yang dipersembahkan kepada arwah leluhur. Sehabis melaksanakan jesa, orang-orang saling berbagi makanan sesaji dan mencampurkannya dalam mangkuk. Ada pula makanan sejenis yang dinamakan heotjesabap atau "makanan sehabis jesa".

Nasi campur daging sapi yang berasal dari Kota Jinju, Provinsi Gyeongsang merupakan bibimbap berisi nasi ditambah lauk pauk berupa sayur dan daging sapi mentah (yuk hoe). Menurut sejarah, nasi campur ini tercipta pada masa Perang Imjin ketika rakyat setempat harus menyiapkan masakan yang praktis pada saat-saat genting.

Cara Membuat Bibimbap
Sepeti yang telah diajarkan Kim, membuat Bibimpap ini sangatlah mudah. Sediakan bahan-bahannya dulu sebagai berikut :

1 mangkuk nasi putih hangat
1 sdm minyak wijen
1 btr telur
1 sdm gochujang
1 sdt bubuk cabai
1 sdt sirup jagung/gula pasir
1/2 sdm air putih
Kimchi secukupnya, cacah kasar
Minyak secukupnya

Bahan 1 Acar :
Wortel parut
Air secuupnya
Garam secukupnya hingga air terasa asin.

Bahan 2 Tumis Daging :
Minyak untuk menumis
100gr daging cincang
1 sdt kecap asin
Seukupnya gula
Secukupnya lada

Bahan 3 Sayur Bayam :
Bayam rebus
Minyak wijen
Bawang puting cincang
Garam

Bahan 4 Sayur Tauge :
Tauge panjang
Minyak wijen
Bawang putih cincang
Garam

Bahan 5 Zucini Tumis :
Minyak untuk menumis
Zucini potong tipis-tipis
Bawang putih cincang
Garam

Cara Membuatnya :
1. Cara Membuat Acar Wortel
Potong wortel tipis-tips atau parut kasar. Rendam dalam air garam ingga layu, saring dan tiriskan.

2. Cara Membuat Tumis Daging
Tumis daging sapi cincang dan beri bumbu kecap asin, gula dan garam. Tumis hingga matang dan air menyusut.

3. Bayam Rebus
Rebus bayam hingga layu dan tiriskan. Tuang minyak wijen dan bawang putih cincang, beri sedikit garam dan aduk rata, sisihkan.

4. Tauge Rebus
Rebus tauge hingga layu dan tiriskan. Tuang minyak wijen dan bawang putih cincang, beri sedikit garam dan aduk rata, sisihkan.

5. Panaskan sedikit minyak masukan zuchini dan bawang putih cincang tumis hingga matang, berikan sedikit garam untuk rasa, sisihkan.

6. Membuat Saus
Campur 1 sdm minyak wijen, gochujang, bubuk cabai, sirup jagung dan air dalam satu mangkuk. Aduk hingga rata.

7. Letakan nasi dalam mangkuk saji, susun kimchi, daging, acar worel, zucchini tumis, tauge, bayam diatasnya melingkari mangkuk.

8. Tuang saus dibagian tengah nasi.
9. Buat telur mata sapi setengah matang dan letakan diatas nasi
Sajikan selagi hangat, selamat menikmati Babimpap.
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a Comment