fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Rancang Bangun Antena Yagi 2 Meter Band

Rancang Bangun Antena Yagi 2 Meter Band - Awal ketika seneng-senengnya dengan perangkat komunikasi 2 meter Band ini sampai keranjingan, keranjingan bikin antena sendiri termasuk antena Yagi ini. Namun ketika yang kita bikin kalah lari, maka pilihan utama adalah antena Yagi buatan Mang Adun dan Mang Yudi di Kuningan. Belaan malam-malam bawa antena dari Kuningan ke Ciamis.

Rancang Bangun Antena Yagi 2 Meter Band

Sebelum merancang dan membangun sendiri Antena Yagi untuk perangkat radio 2M Band ini,telah saya perkenalkan tentang apa itu antena yagi pada postingan sebelumnya. Anda yang belum mengenalkan diri dengan Antena Yagi, silahkan perkenalkan dulu diri anda pada artikel ;

- Cara Membuat Antena Yagi Yang Baik dan Benar

Antena Yagi ialah antena televisi atau bisa juga antena radio yang diciptakan pertama kali oleh seorang ilmuwan Jepang bernama Hidetsugu Yagi. Pada umumnya Antena Yagi dilengkapi elemen pengarah dan pemantul. Antenna Yagi ini terdiri dari tiga bagian, yakni Driven Element, Reflektor dan Director.

Untuk keperluan apa kita membuat Antena Pengarah Yagi 2M Band sendiri, padahal dipasaran banyak yang menjual sudah siap pakai? Alasan pertama kita bisa leluasa memilih bahan juga bisa menentukan banyak elemen untuk penguatan gainnya.

Alasan keduanya yakni untuk komunikasi jarak jauh. Dengan Antena Yagi pancaran pada jarak yang dikehendaki bisa menjadi lebih besar, namun dengan resiko pancaran kearah yang lain tentunya akan lebih kecil.

Pegangan untuk kesuksesan dalam pembuatan Antena Yagi ini adalah ketika Front To Back rasionya semakin besar, dan semakin kecil ketika kita membaca Front To Side rasionya. Ketika hal ini terjadi maka akan semakin baik pengarahan antena yang kita buat ini.

Front To Back Ratio adalah perbandingan kuat pancaran ke arah depan dengan arah belakang. Sedangkan Front To Side Ratio adalah perbandingan kuat pancaran ke depan dengan kuat pancaran ke arah samping.

Yagi-Uda Antennas by VE3SQB

Agar lebi mudah dalam merancang dan membangun Antena Yagi 2 Meter Band ini, kita memerlukan Tool, Software atau Program Desain Antena agar pengukurannya lebih akurat. Sofware Yagi-Uda Antennas by VE3SQB adalah satu sofware desain antena Yagi yang sudah dikenal lama oleh para amatir radio dunia. Program Desain Antena ini bisa anda download pada situs HAM, VE3SQB Antenna Design Programs..

Yagi Uda Antennas by ve3sqb

yagi-uda antennas by ve3sqb
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a Comment