fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Adjustment Yaesu FT 1900

Adjustment Yaesu FT 1900 - Awalnya saya ngeri juga untuk menaikan power dari radio kesayangan satu-satunya ini. Namun karena suka balapan ya terpaksa saya adjust agar mampu berlari pada power hight 80 Watt. Tindakan ini diperkenankan (halal)  bila kebutuhan mendesak seperti diatas. Namun tentu tak sekalipun saya menganjurkan sahabat Rapi Serui ikuti jejak saya ini.

Adjustment Yaesu FT 1900

Kita lihat dulu spesifikasi dari radio RIG Yaesu FT 1900 ini dari manual book-nya :

-Unit FT-1900
-DTMF Microphone MH 48
-Cable Power DC
-Std Accesories & Material
-Bracket Unit
-Manual Book
-Warranty Registration Card
OVERVIEW :
ULTRA RUGGED 55-WATT 144 MHz MOBILE
The FT-1900R is a ruggedly-built, high-performance 55-Watt 144 MHz mobile FM transceiver with outstanding receiver performance and crisp, clean audio. Optimized for ease of operation day or night, the FT-1900R is one tough radio for operating in a tough world!
FEATURES :
- 55 Watts of Power Output
- Large LCD Display
- Loud Audio with Internal Speaker
- Extended Receiver Coverage
- Illuminated Microphone with Keyboard Frequency Entry
- 200 Memory channels with Alpha-numeric Labeling
- Built-in CTCSS and DCS Encoder/Decoder Circuits
- Adjustable Mic Gain and Wide/Narrow Deviation and RX Bandwidth
- Automatic Repeater Shift (ARS), Automatic Power-Off (APO), and BCLO (Busy Channel Lock-Out)

Terlihat dari spek diatas bahwa radio Rig Yaesu FT 1900 hanya punya output power 55W saja untuk standar pabriknya. Namun ketika kita kalah balapan maka solusinya meng-adjust output powernya pada batas maksimal yakni 80W pada suplly DC 13,8 V.

Saya punya 10-28 di area Serui- Kepulauan Yapen. Ketika kita balapan menuju Ansus sekitar 2 jam perjalanan darat memakai motor maka signal yang diterima di Ansus cuma mampu menggoyangkan 1 lampu itupun kedip-kedip ke 0. Namun ketika saya adjust hingga 80 W, Alhamdulilah bisa menyalakan lampu signal hingga 5 lampu di RX Yaesu Ft 1900 juga.

Keterangan gambar : Frekwensi diatas hanya ilusi semata, saya seorang anggota RAPI yang punya frekwensi lokal pada 143.400 Mhz.

Nex >>>>
Menaikan Power Output Radio Rig Yaesu FT 1900
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a Comment