fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Cara Memasang Kartu Irdeto pada Receiver Tanaka T22 HD Jurassic

Cara Memasang Kartu Irdeto pada Receiver Tanaka T22 HD Jurassic - Seperti kita ketahui bahwa RX Tanaka T22 HD Jurassic tidak difasilitasi dengan kartu berbayar, namun bila kita mau mencoba untuk menambahkan fasilitas tsb.sudah tersedia soket part didalam mesinnya. 

Cara Memasang Kartu Irdeto pada Receiver Tanaka T22 HD Jurassic
Card pay tv IRDETO

Kartu Irdeto yang saya punya adalah kartu tayang jenis Zeta Card berwarna ungu. Kartu ini dulu dipakai pada receiver Telkomvision. Namun karena sudah lama tidak berlanganan lagi, receiver dan kartunya tersimpan dilemari dan tidak dipergunakan lagi.

Baca di Porsat juga sedikit mengintip di grup-grup FB yang membahas Tanaka T-22 HD Jurassic, ternyata kartu Irdeto ini bisa diterapkan di RX Tanaka T-22 Jurassic. Ketika saya tanya di grup FB, apa kegunaan memasang kartu Irdeto bekas di RX Tanaka tsb.mereka hanya menjawab "ikut-ikut kekinian". 

Cara Memasang Kartu Irdeto pada Receiver Tanaka T22 HD Jurassic
Informasi Kartu Pintar

Jadi saya juga berharap tak ada pertanyaan tentang kegunaan memasang kartu Irdeto bekas pada RX Tanaka ini, karena saya akan menjawab yang sama dengan mereka, ikut kekinian. Namun sungguh saya sudah mencobanya dan berhasil, tapi percobaan yang saya lakukan baru pada receiver Tanaka T-22 HD Jurassic saja.

Jika sahabat mau ikut-ikutan kekinian seperti mereka di forum satelit, mari kita simak tahapan-tahapan dan Cara Memasang Kartu Irdeto pada Receiver Tanaka T22 HD Jurassic ini :

1. Persiapkan Kartu Tayang Irdeto yang bekas pakai (jangan kartu BPJS sob !).
2. Soket untuk kartu tsb.(bisa sobat cabut dari receiver telkomvision yang sudah tidak terpakai).
3. Tentunya Receiver Tanaka T-22 HD Jurassic.
4. Kabel-kabel kecil untuk menyambungkan antar soket.
5. Secangkir kopi hangat.

Penampakan soket untuk Kartu Irdeto yang sudah tercabut dari sarangnya akan tampak seperti dibawah ini :

Cara Memasang Kartu Irdeto pada Receiver Tanaka T22 HD Jurassic
Soket Kartu Irdeto tampak bawah

Dan ini penampakan papan mesin Receiver Tanaka T-22 HD Jurassic, perhatikan baik-baik posisi soket part yang berada pada papan RX ini, yang pin-pin atau kaki-kakinya saya kasih nomor 1 hingga nomer 8:

Cara Memasang Kartu Irdeto pada Receiver Tanaka T22 HD Jurassic
Papan mesin RX Tanaka T-22 HD tampak atas

Lalu nanti kita beri tanda (nomor) untuk soket kartu seperti dibawah ini agar pemasagan kabel lebih mudah. Sambungkan menggunakan kabel kecil agar terlihat rapih sesuai nomor-nomor yang ada pada papan mesin dan soket kartu.nomor 1 dari soket kartu ke nomor 1 pada papan mesin RX.

Perlu di ingat dan diperhatikan bahwa kaki (pin) nomer 3 dan 4 pada papan RX adalah ground, jadi disatukan penyambungannya pada soket kartu di kaki nomer 3. NC atau No Connect adalah pin yang tidak perlu dipasang, biarkan saja tanpa kabel.

Pada soket kartu terdapat 2 pin SW atau kaki switch, swith ini berguna untuk memberitahukan pada kita bahwa kartu tayang itu sudah tertanam kedalam atau belum. Kaki SW 1 terhubung atau sambungkan pada kaki 3-4 atau ground. Dan kaki satunya terhubung pada pin 8 pada papan mesin RX.

Cara Memasang Kartu Irdeto pada Receiver Tanaka T22 HD Jurassic
Gambar 5

Berikut adalah penampakan Kartu Irdeto pada Receiver Tanaka T22 HD Jurassic yang sudah terhubung kabel :

Cara Memasang Kartu Irdeto pada Receiver Tanaka T22 HD Jurassic

Bila pemasangan kartu Irdeto pada RX Tanaka T-22 HD ini sudah dianggap selesai maka silahkan sobat cek di menu Informasi Kartu Pintar pada receiver, apakah kartu sobat tersebut sudah terpasang benar atau ada kesalahan. Bila sudah terpasang benar maka penampakan akan terlihat seperti di gambar Informasi Kartu Pintar (gambar kedua diatas).

Update Tanggal 4 Februari 2018 :
Berawal dari salah-satu sahabat treking Ciamis yang kartu Irdetonya tidak terbaca pada informasi kartu pintarnya. Setelah saya amati dan dicek gambar 5 ternyata salah penomeran dalam soket. Jadi nomor 5 ditukar dengan nomer 7. Dalam artian nomer 7-nya berada pada posisi pinggir sebelah kanan anda..

Selamat bereksperimen, semoga sukses !
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

2 comments

  1. Om minta data pin soket kartunya, punya saya rx nya bukan t22

    ReplyDelete
    Replies
    1. @imantaufiq Rahman
      Maaf sebelumnya terlambat saya jawab.

      Pin :
      1 = Dio
      2 = NC
      3 = GND
      4 = GND
      5 = CLK
      6 = RST
      7 = VCC
      8 = CA-E

      Delete