fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Automatic Voice Control - Mas Angga dan Stasiun Balapan

Automatic Voice Control - Mas Angga dan Stasiun Balapan

"Ning stasiun balapan
Rasane koyo wong kelangan
Kowe ninggal aku
Ra kroso netes eluh ning pipiku

Da a... Dada sayang
Da... Slamat jalan"

"Demikian sebuah lagu yang telah saya persembahkan untuk Mas Angga yang berada di jalan Mangga yang punya pohon mangga. Semoga lagu tersebut bisa sedikitnya menjadi teman dikala anda beraktifitas"
Begitulah akhir kalimat dari seorang penyiar radio disalah stasiun radio broadcast yang berada di Kota Serui. Lalu bersamaan dengan vokal si penyiar muncul lagu yang tengah diperdendangkanpun otomatis mengecil.

Automatic Voice Control - Mas Angga dan Stasiun Balapan


Ada banyak hal yang harus kita perhatikan untuk menjadi seorang PENYIAR RADIO disamping keahlian berbicara dan intelejensi. Beberapa hal teknis yang harus dikuasai seorang penyiar radio. Beberapa hal teknis juga harus menjadi perhatikan jika ingin menjalani karir sebagai penyiar radio. Hal ini akan berpengaruh besar karena akan  mewujudkan satu ‘theater of mind’ yang menjadi ciri khas radio.

    Artikulasi yang jelas
    Pernapasan yang baik
    Mengerti musik, hal ini berhubungan dengan bagaimana Anda menyesuaikan dengan tempo lagu
    Mood, penyiar tidak boleh terdengar murung atau tidak bersemangat
    Pengetahuan yang luas
    Tidak boleh cacat huruf (Cadel)

Tapi intinya yang akan kita bahas adalah penunjang atau suatu alat bagi penyiar radio yang biasa kita sebut  Automatic Voice Control. Alat ini bekerja persis dialat-alat elektronika yang ada pasilitas karaokenya semacam DVD Player. Saat penyiar berbicara, secara otomatis suara Background Music mendadak pelan atau tidak berbunyi sama sekali. Dan ketika penyiar diam, suara Background music terdengar normal/keras lagi.

Kenapa saya posting ini ? Banyak rekan RAPI Wilayah 08 Yapen yang senang mendendangkan suaranya ketika frekwensi atau jalur komunikasi sedang kosong, sebagai pengantar tidur atau menghilangkan kejenuhan. Rangkai AVC ini bisa kita terapkan di perangkat audio komunikasi kepunyaan kita. Lalu kita bisa berkaraoke-ria di jalur 2 meter Band :P

Daripada kita harus merogoh kocek besar membeli AVC dgn merk terkenal, apa salahnya kita coba bikin sendiri dengan rupiah yang minimal. Rangkaian Automatic Voice Control sederhana ini pernah saya gunakan pada FM Transmitter, hasilnya sangat memuaskan.
Selamat bereksperiment.....semoga berhasil.
Salam RAPI 51-55
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

1 comment

  1. Wah mantap gan, tapi saya masih bingung kalau transistor yang deket mic in berfungsi sebagai pre amp nah sedangkan kedua dioda 1N4148 fungsinya sebagai apa ya gan? Apakah nantinya suara yang keluar setelah preamp akan masuk lagi ke transistor ke 2 dan ke 3 ? Khawatirnya sinyal output dari pre amp berubah jd DC

    ReplyDelete